MEMANFAATKAN HARI LIBUR (HARI RAYA NYEPI) DENGAN MALAM BINAAN meningkatkan AKHLAKULKARIMAH

Kota Bima- Dalam rangka meningkatkan kualitas akhlak peserta didiknya, Sekolah Dasar Integral Luqman Al-Hakim Kota Bima (SD IT) mengadakan kegiatan Malam Binaan (Mabit). Sekolah Dasar yang bertempat di Jl. Imam Bonjol No.55 Salama kota Bima ini merupakan salah satu sekolah yang berbasis tauhid di Kota Bima. Disaat sekolah-sekolah lain menikmati liburan mereka dalam rangka menyambut hari raya nyepi, sekolah ini tidak tertarik untuk ikut merayakannya karena ada hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh guru-guru yang bekerja di SD IT ini.
Menurut Bapak Suriansyah, Spd yang merupakan salah satu guru SD IT yang ikut dalam penyelenggaraan Mabit ini Mengaku “Perilaku dan pergaulan anak-anak di jaman sekarang sungguh sangat memprihatinkan, tingkah dan sikap-sikap mereka sungguh jauh dari adab-adab yang diajarkan oleh Agama Islam. Contohnya bisa kita lihat disaat kita melewati jalan sepanjang jalan pinggir laut mulai dari Perbatasan Kota Bima sampai Terminal Dara, kita bisa melihat wanita dan pria mulai dari yang Tua, Muda dan bahkan anak kecil sudah berani duduk berduaan dan bahkan tidak merasa canggung untuk saling berpelukan. Ini terjadi karena kurangnya Pengawasan dari Orang Tua, Pergaulan bebas dan kurangnya pengetahuan tentang berakhlak yang baik dan benar menurut agama Islam. Kami guru tidak ingin melihat hal itu dilakukan oleh anak-anak Islam, khususnya anak didik kami. Maka dari itu, kami memanfaatkan hari libur ini untuk mendidik secara khusus tentang Muhrim dan bukan Muhrim kepada anak didik kami. dari pada kita mengikuti hari libur agama lain yang sebenarnya tidak diperbolehkan dalam Syari’at Islam. Mari kita mulai didik anak-anak kita sejak dini untuk bekal dimasa dewasanya nanti dengan Akhlakulkarimah yang baik”.
Begitulah Pengakuan dari Bapak Suriansyah, Spd yang kami temui di tempat pelaksanaan Mabit (mushalah SD IT) pada hari Jum’at tanggal 20 Maret 2015. Hal positif ini sungguh sangat patut dicontoh oleh sekolah-sekolah lain yang berada di Indonesia khususnya di Kota Bima Tercinta ini. (Red)

Tinggalkan komentar